RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MAN Model Palangka Raya
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X/ 1
Materi Pokok : Elastisitas Zat Padat
Sub materi : Hukum Hook Susunan Seri Paralel Pegas
Alokasi Waktu : 1×15 Menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya.
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan, melaporkan, dan berdiskusi
3.6 Menganalisis
sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
4.1 Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.6 Mengolah
dan menganalisis hasil percobaan tentang
sifat elastisitas suatu bahan.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa mampu menunjukan rasa
syukur kepada kebesaran Tuhan yanag menciptakan dan mengatur dan mengatur alam
jagat raya melalui Hukum Hook susun seri pararel pegas
2. Siswa mampu
menunjukkan rasa ingin tahu dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan
Hukum Hook susun seri pararel pegas.
3. Siswa mampu
menunjukkan sikap jujur dalam melaporkan hasil pengamatan, diskusi dan kerja
kelompok dalam praktikum memecahkan masalah yang berkaitan dengan Hukum Hook
susun seri pararel pegas.
4. Siswa mampu
menunjukkan sikap kreatif dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan Hukum
Hook susun seri pararel pegas.
5. Siswa mampu
menunjukkan sikap saling menghargai dalam memecahkan masalah baik individu
maupun kelompok.
6. Siswa mampu
menyebutkan salah satu contoh penerapan Hukum Hook susun seri pararel pegas
dalam kehidupan sehari-hari.
7. Siswa mampu
menentukan konstanta pegas susunan seri paralel pada Hukum Hook.
8. Siswa mampu menggunakan alat dan
bahan untuk percobaan Hukum Hook susun seri pararel pegas.
9. Siswa mampu mengisi
lembar LKS percobaan untuk percobaan Hukum Hook susun seri pararel pegas.
10. Siswa mampu
menarik kesimpulan data hasil percobaan yang dilakukan mengenai Hukum Hook
susun seri pararel pegas.
D.
Materi
Ajar
Fakta
· Benda yang elastis: karet, pegas, besi, dan
lain-lain
· Benda yang tidak elastis: plastisin, pasir,
dan lain-lain
Prinsip
· Hukum Hooke
F = - k Δx = - k ΔL
dengan :
F = gaya pegas pemulih
k = konstanta pegas
Δx = ΔL = pertambahan panjang pegas
Tanda negatif untuk menunjukkan bahwa arah gaya pemulih selalu berlawanan
dengan arah gerak pegas.
· Susunan seri dan paralel pegas
Susunan seri pegas
Susunan paralel pegas
Keterangan:
ktot = konstanta gabungan pegas (N/m).
k1 = konstanta pegas pertama (N/m).
k2 = konstanta pegas kedua (N/m).
k3 = konstanta pegas ketiga (N/m).
Susunan gabungan pegas (seri pararel pegas).
Untuk menyelesaikan susunan gabungan:
a. Selesaikan terlebih dahulu susunan paralel dengan persamaan susunan paralel.
b. Selesaikan susunan seri dengan persamaan susunan seri.
a. Selesaikan terlebih dahulu susunan paralel dengan persamaan susunan paralel.
b. Selesaikan susunan seri dengan persamaan susunan seri.
Prinsip Hukum
Hooke
Hukum
hooke menyatakan bahwa pada daerah elastisitas benda, pertambahan panjang pegas
sebanding dengan gaya bekerja pada pegas. Secara matematis dirumuskan:
Dengan:
F = Gaya yang di kenakan pada
pegas (N)
Dl = pertambahan pegas (m)
k = konstantanta pegas (N.m-1)
Pada saat pegas di tarik dengan gaya F, maka pegas melakukan gaya yang
besarnya sama dengan gaya yang menarik, tetapi arahnya berlawanan. Gaya ini
disebut gaya pemulih secara matematis
di rumuskan:
E. Model Dan Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran :Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Metode Pembelajaran :Scientific melalui kegiatan tanya jawab,
diskusi dan eksperimen
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media
: Papan tulis, spidol, dan
penghapus
2. Alat/bahan :
No
|
Alat Dan Bahan
|
Jumlah
|
1
|
Pegas
spiral
|
3
|
2
|
Beban
|
1
|
3
|
Mistar
|
1
|
4
|
Batang
statis panjang
|
1
|
5
|
Batang
statis pendek
|
1
|
6
|
penjepit
|
2
|
3.
Sumber buku :
v Nurachmandani
Setya, Fisika 1 Untuk Sma/Ma Kelas X,
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
v Sumarsono
Joko, Fisika Untuk Sma/Ma Kelas X,
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
v Marthen Kanginan, Fisika Untuk Sma/Ma Kelas X, Jakarta:Erlangga, PT. Gelora Aksara
Pratama 2015.
v Lembar
Kerja Siswa (Lks)
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Langkah- langkah Model PBL
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Murid
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan Assalamu’alaikum wr. Wb. Dan
mengucapkan Basmallah bersama-sama.
|
Siswa menjawab salam
pembuka dari guru Wassalamu’alaikum wr.
wb. Dan mengucapkan Basmallah
bersama-sama.
|
1 menit
|
Guru mengecek kehadiran siswa.
|
Siswa memberitahukan kehadirannya.
|
||
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran yang
disampaikan guru.
|
Kegiatan Inti
Langkah -
langkah Model PBL
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Fase 1: Orientasi siswa pada masalah
|
Guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada
siswa berupa contoh penerapan Hukum Hook seri pararel pegas dalam kehidupan
sehari-hari dan menghadapkan siswa
pada suatu masalah berkaitan dengan materi
yang akan diajarkan, yaitu:
Mengenai susunan pegas dengan
memberikan gambar tentang ayunan bayi yang pada umumnya mnegunakan 2 atau 3
bahkan lebih. pegas digabungkan kemudian memberikan permasalahan apa tujuan
jika pegas ada 3 sehingga ketiga pegas tersebut digabungkan menjadi susunan
seri pararel?
|
Siswa mendengarkan
permasalahan yang disampaikan guru.
Siswa membuat hipotesis
berupa jawaban sementara yaitu:
-
agar bisa dipakai ayunan.
-
agar
kuat ayunannya.
-
Agar
ayunannya memantul lebih lama.
|
11 menit
|
Fase 2: Mengorganisasikan siswa untuk belajar
I.
|
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
Siswa
memisahkan diri menuju kelompoknya masing-masing.
|
|
Guru
membagikan LKS kepada tiap kelompok.
|
Siswa
mengambil LKS percobaan.
|
||
Guru
meminta siswa untuk melakukan kegiatan praktikum sesuai dengan petunjuk yang
terdapat pada LKS.
|
Siswa
dalam kelompok menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan
percobaan dalam menyelesaikan masalah pada LKS.
|
||
Fase 3: Membimbing penyelidikan individual
maupun kelompok.
|
Guru membimbing penyelidikan setiap kelompok yang
mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan masalah pada LKS.
|
Siswa dalam kelompok ikut bekerja sama
mengerjakan LKS dengan bimbingan guru.
|
|
|
Guru mengarahkan masing-masing kelompok untuk
mengkaji ulang hasil percobaan.
|
Masing-masing kelompok
mengkaji ulang hasil percobaan yang dilakukan.
|
|
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
|
II.
Guru membantu setiap kelompok membuat
laporan hasil percobaan dalam memecahkan masalah di LKS.
|
III.
Siswa dalam kelompok ikut membuat laporan
hasil percobaan dalam memecahkan masalah di LKS.
|
|
IV.
Guru meminta perwakilan dari tiap
kelompok untuk menyampaikan hasil
percobaan yang telah dilakukan dalam LKS untuk memecahkan masalah.
|
Tiap perwakilan kelompok menyampaikan hasil
percobaan yang telah dilakukan dalam LKS untuk memecahkan masalah.
|
||
Fase 5: Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Guru mengevaluasi proses dan hasil
percobaan dalam memecahkan masalah. Peserta didik diharapkan menggunakan
bantuan buku sumber untuk mengevaluasi hasil diskusi.
|
Siswa
dalam kelompok mendengarkan guru mengevaluasi kembali proses dan hasil
percobaan yang telah dilakukan siswa, kemudian Peserta didik diharapkan
menggunakan bantuan buku sumber untuk mengevaluasi hasil diskusi.
|
Kegiatan Penutup
Langkah- langkah Model PBL
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
membimbing siswa dalam membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari siswa.
|
Siswa
membuat kesimpulan mengenai poin-poin penting yang telah dipelajari dengan
bimbingan guru.
|
3
menit
|
Guru
melakukan tanya jawab dengan siswa seputar materi yang dipelajari.
|
Siswa
melakukan tanya jawab seputar matei yang dipelajari.
|
||
Guru
memberikan soal evaluasi kepada masing-masing siswa.
|
Siswa
menjawab soal evaluasi yang diberikan guru.
|
||
Guru
menginformasikan kepada siswa materi yang akan dibahas pada pertemuan
selanjutnya.
|
Siswa
mendengarkan guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan
selanjutnya.
|
|
|
Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
|
Siswa
menjawab salam penutup dari guru
|
H.
Penilaian
V.
No.
|
Aspek
|
Teknik
|
VI.
Bentuk Instrumen
|
VII.
1
|
VIII.
Sikap
|
·
Observasi kegiatan diskusi
·
Observasi kegiatan Praktikum
|
·
Lembar observasi
·
Lembar observasi
|
IX.
2
|
X.
Pengetahuan
|
·
Tes tertulis
|
·
Soal Uraian
|
XI.
3
|
XII.
Keterampilan
|
·
Penilain praktik
|
·
Lembar pengamatan
|
|
Palangka Raya, Maret 2016
|
Mengetahui,
Dosen pembimbing
Hatma Yuliani M.Pd, M.SI
NIP. 199002172015032009
|
Mahasiswi
Ana
Kurniati
1301130306
|
|
|
I.
Contoh Instrumen
(Terlampir)
Lampiran
1
Instrumen Penilaian
a.
Instrumen
Penilaian Sikap
·
Lembar observasi diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa Ingin Tahu
|
|
|
|
|
|
2
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
3
|
Kreatif
|
|
|
|
|
|
4
|
Saling Menghargai
|
|
|
|
|
|
·
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Rasa Ingin Tahu
|
4: Menunjukkan rasa ingin tahu yang lebih mendalam
terhadap materi yang dipelajari melalui sumber-sumber yang relevan dengan
penuh semangat, percaya diri, tanpa takut akan kegagalan.
3: Menunjukkan rasa ingin tahu yang lebih mendalam
terhadap materi yang dipelajari melalui sumber-sumber yang relevan dengan
penuh semangat dan percaya diri.
2:
Menunjukkan rasa ingin tahu yang kurang mendalam terhadap materi yang
dipelajari melalui sumber-sumber yang relevan
1: Tidak
menunjukkan rasa ingin tahu
terhadap materi yang
dipelajari.
|
2
|
Jujur
|
4: Selalu menunjukkan sikap jujur
terhadap semua teman, guru maupun orang lain ketika proses pembelajaran
berlangsung maupun diluar proses pembelajaran tanpa rasa takut.
3: Selalu menunjukkan sikap jujur
terhadap semua teman, guru maupun orang lain namun hanya ketika proses pembelajaran berlangsung.
2:
Kurang menunjukkan sikap jujur terhadap semua teman, guru maupun orang
lain.
1: Tidak menunjukkan sikap jujur
terhadap semua teman, guru maupun orang lain.
|
3
|
Kreatif
|
4: Siswa Sering memberikan ide dalam memecahkan
masalah pada percobaan, tidak takut melakukan kesalahann untuk menemukan
kebenaran mampu menghubungkan teori dan hasil percobaan, dan menunjukkan
hasil laporan kegiatan yang baik dan benar.
3: Siswa Sering memberikan ide dalam memecahkan
masalah pada percobaan, tidak takut melakukan kesalahan untuk menemukan
kebenaran mampu menghubungkan teori dan hasil percobaan, dan menunjukkan
hasil laporan kegiatan yang kurang baik dan benar.
2: Siswa kurang memberikan ide dalam memecahkan
masalah pada percobaan, sering takut melakukan sesuatu untuk menemukan
kebenaran dan tidak mampu menghubungkan nya dengan teori
1: Tidak memberikan ide dalam memecahkan masalah
pada percobaan ataupun menghubungkan kannya dengan teori hukum Newton.
|
XIII.
4
|
Saling menghargai
|
4: Menunjukkan sikap saling menghargai
yang tinggi, berjiwa besar, tidak sombong terhadap sesama teman.
3: Menunjukkan sikap saling menghargai
yang tinggi, berjiwa besar namun sombong terhadap teman yang memiliki
kekurangan.
2: Kurang menunjukkan sikap saling
menghargai yang terhadap semua teman.
1: Tidak menunjukkan sikap saling
menghargai yang terhadap semua teman.
|
b. Instumen kognitif
Soal
1.
Sebutkan
3 contoh pengaplikasian penggunaan seri paralel pegas dalam kehidupan sehari-hari!
2.
Empat
buah pegas indentik masing-masing mempunyai konstanta 300 N/m tersusun seri pararel seperti gambar dibawah.
pada ujung bawah susun pegas digantungi beban W sehingga susun pegas bertambah panjang 3 cm. Maka Berat beban W ?
Jawaban
1.
Ayunan
bayi, sprimbet, mainan mobil-mobilan,
danshockbreake.
2.
Diketahui :K1 = K2
=K3 = 300N/m
∆x = 3 cm = 0,3 m
Ditanya : W=F
(Pegas digantungkan beban)..?
Jawab:
a. terlebih
dahulu hitung Ktot
konstanta
gabungan susun parale(K1 dan K2)
Kp =K1 + K2 + K3= 300N/m + 300 N/m + 300 N/m = 600 N/m
b.
menghitung Ktot susunan seri (kp dan k4 seri )
= + = +
= =
Ktot = = 200 N/m
c. menghitung W
atau F
F = Ktot . ∆x
= 200 N/m x 0,03
m
= 6 N
·
Rubrik penilaian tes uraian
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
TOTAL SKOR
|
1
|
Ayunan,
sprimbet, dan mainan mobil-mobilan (menyebutkan 3 contoh)
|
0 – 4
|
4
|
Ayunan,
dan sprimbet. (menyebutkan 2 contoh)
|
0 – 2
|
||
Ayunan
(menyebutkan 1 contoh)
|
0 - 1
|
||
Cacatan: contoh yang
diberikan bebas dengan syarat sesuai dengan pembahasan.
|
|||
2
|
Diketahui : K1 = K2
=K3 = 300N/m
∆x = 3 cm = 0,3 m
Ditanya : W=F (Pegas digantungkan beban)..?
Jawab:
a. terlebih
dahulu hitung Ktot
konstanta
gabungan susun parale(K1 dan K2)
Kp =K1 + K2 + K3= 300N/m + 300 N/m + 300 N/m = 600 N/m
b.
menghitung Ktot susunan seri (kp dan k4 seri )
= + = +
= =
Ktot
= = 200 N/m
c. menghitung
W atau F
F
= Ktot . ∆x
= 200 N/m x
0,03 m
= 6 N
|
0-6
|
6
|
Diketahui :K1
= K2 = 3 N/m
K3
= 6 N/m
Ditanya : Ktot
=..?
Jawab:a.
terlebih dahulu selesaikan susun parale(K1 dan K2)
Kp = K1 + K2=
3 N/m + 3 N/m
|
0-4
|
||
Diketahui :K1
= K2 = 3 N/m
K3
= 6 N/m
Ditanya : Ktot =..?
|
0-2
|
||
Jika
tidak menjawab sama sekali nilai nol.
|
|
||
Jumlah
total seluruh nilai jika benar semua
|
10
|
c. Instrumen Penilaian Psikomotorik
·
Lembar Observasi
keterampilan eksperimen
Aspek yang diamati
|
Terlaksana
|
Penilaian
|
Skot total
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
Siswa
mampu menggunakan alat dan bahan disekitarnya untuk menyelesaikan masalah
percobaan Hukum Hook seri
pararel pegas
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa
mampu mengisi permasalahan yang terdapat pada LKS Hukum Hook seri pararel pegas
melalui
percobaan yang dilakukan.
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa
mampu menarik kesimpulan dari percobaan yang dilakukakan Hukum Hook seri pararel pegas
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Rubrik Penilaian Keterampilan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Siswa mampu menggunakan alat dan bahan
untuk menyelesaikan masalah percobaan Hukum Hook
seri pararel pegas
|
4:
Menggunakan alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan
baik dan benar sesuai dengan topic percobaan, tidak merusak alat dan
hati-hati menggunakan alat-alat yang digunakan pada saat praktikum.
3:
Menggunakan alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah dengan
baik dan benar sesuai dengan topic percobaan, tidak merusak alat namun tidak
hati-hati menggunakan alat-alat yang digunakan pada saat praktikum.
2:
Kurang baik dalam menggunakan alat dan bahan percobaan untuk
memecahkan masalah, merusak alat dan tidak hati-hati menggunakan alat-alat
yang digunakan pada saat praktikum.
1:
Tidak Menggunakan alat dan bahan percobaan untuk memecahkan masalah.
|
2
|
Siswa mampu mengisi permasalahan yang terdapat pada LKS Hukum Hook seri pararel pegas melalui percobaan yang dilakukan.
|
4: Mengisi permasalahan yang terdapat
pada LKS Hukum Hook seri pararel
pegas melalui percobaan yang
dilakukan menggunakan bahasa yang baik, benar, dan tidak memanipulasi data hasil pengamatan.
3: Mengisi permasalahan yang terdapat
pada LKS Hukum Hook seri pararel
pegas melalui percobaan yang
dilakukan menggunakan bahasa yang baik, benar, namun sedikit memanipulasi
data hasil pengamatan.
2: Mengisi permasalahan yang terdapat
pada LKS Hukum Hook seri pararel
pegas
tidak melalui percobaan yang dilakukan.
1: Tidak mengisi permasalahan yang terdapat pada
LKS.
|
3
|
Siswa mampu menarik kesimpulan dari percobaan yang dilakukakan mengenai
Hukum Hook seri pararel pegas
|
4: Siswa mampu menarik kesimpulan
mengenai percobaan mengenai Hukum Hook
seri pararel pegas dengan tepat dan
benar sesuai hasil percobaan dan reverensi yang dibaca.
3:
Siswa
mampu menarik kesimpulan mengenai percobaan mengenai Hukum Hook seri pararel pegas
dengan
tepat namun kurang benar sesuai hasil percobaan dan reverensi yang dibaca.
2: Siswa mampu menarik kesimpulan
mengenai percobaan mengenai Hukum Hook
seri pararel pegas namun tidak
tepat, dan tidak benar sesuai hasil percobaan dan reverensi yang dibaca.
1: Siswa tidak menarik kesimpulan data hasil
percobaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar